PENDAMPINGAN GURU DALAM MENEMUKAN DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA

  • Nur Indah Sari STAI Darussalam Lampung
  • Damanhuri STAI Darussalam Lampung
Keywords: Kesulitan Belajar, Refleksi, Pelatihan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi atas kepedulian pada hasil dan kualitas pembelajaran yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Diantara berbagai penyebab, salah satu unsur yang cukup dominan memberi kontribusi terhadap mutu lulusan adalah proses belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan baik oleh guru maupun siswa, kesulitan belajar merupakan satu kondisi yang cukup dominan menghambat keberhasilan belajar pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan di Madrasah, difokuskan pada upaya pendampingan terhadap guru dalam menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kegiatan refleksi pembelajaran yang dirinci dalam kegiatan-kegiatan : a) Menyusun instrumen refleksi pembelajaran, b) melakukan simulasi penggunaan instrumen refleksi pembelajaran, c)mendampingi guru dalam praktek menemukan bentuk-bentuk kesulitan belajar menggunakan instrumen refleksi pembelajaran, d) mendamping guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa dengan memanfaatkan hasil refleksi pembelajaran, e) mensilmulasikan pemanfaatan hasil refleksi pembelajaran. Secara kuantitatif keluaran kegiatan ini adalah diperolehnya draft instrument untuk menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa, hasil penelusuran dan pengamatan para guru di kelasnya masing-masing disamping data rill komponen kesulitan belajar siswa di MI Miftahul Huda.

 

 

Published
2021-12-04
How to Cite
Nur Indah Sari, and Damanhuri. 2021. “PENDAMPINGAN GURU DALAM MENEMUKAN DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA”. PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (01), 8-17. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/peduli/article/view/269.