Analisis Penerapan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Syariah Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
Abstract
The large number of promotions and sales via social media is one of the media that has many positive impacts, such as making buying and selling transactions easier. The aim of this research is to determine the application of social media in supporting marketing (MSMEs) in Rajabasa Baru Village. The method used is a qualitative method with an exploratory descriptive approach, meaning that data obtained from researchers, key informants and existing data are then analyzed. The sharia marketing strategy implemented by MSMEs in Rajabasa Baru Village prioritizes sharia elements which bring many benefits, this has a big impact on increasing consumer response. From the research results, it is known that the MSME group has implemented the theory and concept of sharia marketing strategy and has implemented Islamic content which consists of three main things, namely the application of sharia marketing characteristics, the application of Islamic business ethics and emulating the marketing practices of the Prophet Muhammad SAW. The implementation of the marketing mix (product, price, promotion place) is practiced based on the characteristics of the Prophet Muhammad SAW, namely: Shiddiq, Amanah, Fathanah, and Tabligh. This has proven to be effective, this can be seen from the increase in sales turnover
Keyword: Social Media, Sharia Marketing, MSMEs
Abstrak
Banyaknya promosi dan penjualan melalui media sosial menjadi salah satu media yang banyak memberikan dampak positif seperti transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media sosial dalam menunjang pemasaran (UMKM) di Desa Rajabasa Baru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif artinya data yang diperoleh dari peneliti, informan kunci dan data yang ada kemudian dianalisis. Strategi pemasaran syariah yang diterapkan oleh UMKM di Desa Rajabasa Baru mengedepankan unsur syariah yang membawa banyak manfaat, hal ini berdampak besar pada peningkatan respon konsumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelompok UMKM telah menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran syariah dan telah menjalankan konten-konten Islami yang terdiri atas tiga hal pokok yaitu penerapan karakteristik pemasaran syariah, penerapan etika bisnis Islami dan mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW. Pelaksanaan marketing mix ( product, price, promotion place ) dipraktikkan berdasarkan sifat Nabi Muhammad SAW yaitu : Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh,. Hal ini terbukti efektif, ini terlihat dari kenaikan omset penjualannya.
Kata Kunci: Media Sosial, Pemasaran Syariah, UMKM
Downloads
References
Berthon, P., Pitt, L., Plangger, K., & Shapiro, D. 2012. Marketing Meets Web 2.0,
Social Media, and Creative Consumers: Implications for International
Marketing Strategy. Business Horizons.
Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan
Nilai danPraktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta
Dewing, M. 2012. Social media: An Introduction. Parliamentary Information and
Research Service, Social Affairs Division. Canada: Library of Parliament.
Dewi Diniaty, Ismu Kusumanto, Fitria Roza, Fadhillah Dinatul Husna, Misra Hartati, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen),
Erwin Jusuf Thaib, Problematika Dakwah Di Media Sosial, (Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021..
Gymnasiar, Abdullah dan Hermawan Kertajaya, 2004.Berbisnis Dengan Hati, Jakarta: Mark Plus & CO Idri. 2015. Hadis Ekonomi. Jakarta : PT Kencana John A.Pearce II, Richard B.Robinson, Jr.2014. Manajemen strategi,Jakarta:Salemba.
Hajar Swara Prihatta, “Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam,”Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam 8, no. 1 2018.
Made, I Wirartha, 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta :Andi
Muali, Chusnul, Khoirun Nisa. 2019. Pemasaran Syariah Berbantuan Media
Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual . An-Nisbah: Jurnal
Ekonomi Syariah , Volume 05, Nomor 02, April 2019.
Mubarok, Nurul dan Eriza Yolanda Maldina. 2017. Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economic Vol.3. No Juni 2017.
Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, Handbook Of Research Of Effective Advertising Strategies In The Social Media Age, Cambridge: IGI Global, 2016.
Varinder Taprial dan Priya Kanwar, Understanding Social Media, London: Ventus Publishing ApS, 2012.