PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KELUARGA MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN DI MAJLIS TA’LIM DESA BUMI TINGGI LAMPUNG TIMUR

  • Nur Indah Sari STAI Darussalam Lampung
  • Firiyah Firiyah STAI Darussalam Lampung
Keywords: Karakter Religius, Keluarga, Majlis Ta’lim

Abstract

Majlis Ta’lim mempunyai peran strategis dalam pembentukan karakter umat Islam khususnya bagi keluarga di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan non formal, peran penting ini perlu mendapatkan perhatian dan prioritas guna menginternalisasikan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter (PPK) yang selama ini digaungkan oleh pemerintah. Pasalnya, program PPK tidak akan meraih pencapaian maksimal tanpa mendapatkan dukungan masyarakat sebagai bagian dari tripusat pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah ceramah dan diskusi melalui aktivitas pengajian di majlis ta’lim. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan wawasan, antusias dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun karakter. Masyarakat bersama pengurus majlis Ta’lim bersedia berperan aktif dalam membangun karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong melalui kegiatan sosial keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). The Influence of Religion in Intra-School Student Organizations on the Character Building of Students at Proklamasi Vocational High School in Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3764–3771. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1466

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Cece. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Berbasis Al-Qur’an (Implementasi di SMAN Kabupaten Purwakarta) [Strengthening Character Education through Al-Qur’an-Based Local Wisdom (Implemented at SMAN Purwakarta Regency)]. Deepublish.

Fajrussalam, H., & Hasanah, A. (2018). Core Ethical Values of Character Education Based on Sundanese Culture Value. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(3), 15. https://doi.org/10.31764/ijeca.v1i3.2126

Fitri, A. . (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah [Values & Ethics Based Character Education in Schools]. Ar-Rurzz

Hasanah, W., Umarela, S., & Diana Lating, A. (2019). Peranan Remaja Mesjid Ar- Rahman dalam Pembentukan Karakter Remaja Yang Religius Di Desa Waekasar Kecamatan Waepo Kabupaten Buru. 1, 62.

Iswan dan Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR. 4.0. 24 Maret,

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan- karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Khairudin, M. (2013). Character education through school culture development in integrated islamic school salman al farisi yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, III(1), 77–86.

Lickona, T. (2012). Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Bumi Aksara.

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajement Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3)

Mufid, A. S. (2013). Paham Ahlu Sunnah Wal Jama ’ ah dan Tantangan Kontemporer dalam Pemikiran dan Gerakan Islam di Indonesia. HARMONI_ Jurnal Multikultural & Multireligius, 12(3)

Muid, A. (2017). Aswaja Challenge In Globalization Era By: At-Tahdzib, 5(2)

Mustari, I. T. (2020). Penanaman nilai-nilai pendidikan Ahlussunnah Wal-jama’ah an- Nahdliyyah melalui progam kegiatan keagamaan di SMA Islam Nusantara Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/16107/

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sd. Jurnal Eduscience, 4(2),

Sulasmono, P., Ekosiswoyo, R., & Sugiyo. (2017). the Integration of Local Cultural Wisdom Values in Building the Character Education of Students. International Journal of Education and Research, 5(6)

Sitika, A. J., Kejora, M. T. B., & Syahid, A. (2021). Strengthening humanistic based character education through local values and Islamic education values in basic education units in purwakarta regency. İlköğretim Online, 20(2), 22–32. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.02.06

Sutarjo. (2011). Perilaku Kepemimpinan Transpormasional Kepala SMA di Kabupaten Karawang Oleh : 9(18), 36–42.

Taufik, M. (2020). Strategic Role of Islamic Religious Education in Strengthening Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(1), 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797

Published
2023-10-28
How to Cite
Nur Indah Sari, and Firiyah Firiyah. 2023. “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KELUARGA MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN DI MAJLIS TA’LIM DESA BUMI TINGGI LAMPUNG TIMUR”. JURNAL PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1), 79-90. https://doi.org/10.51226/pdl.v3i2.540.

Most read articles by the same author(s)