PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH USHUL FIQIH DI STAI DARUSSALAM LAMPUNG

  • Fitriyah Fitriyah STAI Darussalam Lampung
  • Laila Nursafitri
  • Elly Purwanti
Keywords: Teaching Materials, Ushul Fiqh, Islamic Education

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang dapat membantu mahasiswa memperoleh pengalaman sebagai hasil dari interaksi mahasiswa dengan sumber belajar yang ada di sekitarnya. Salah satu sumber belajar yang penting untuk disiapkan yaitu bahan ajar yang mendukung proses belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar pada mata kuliah Ushul Fiqh di STAI Darussalam Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Instrumen penelitian berupa kuesioner validasi dan kuesioner respon mahasiswa. Pengembangan bahan ajar melalui proses validasi yang melibatkan tiga ahli dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Uji coba bahan ajar dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 4 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase (%) yang selanjutnya dikonversikan ke dalam kategori kelayakan bahan ajar. Hasil respon mahasiswa dijadikan bahan analisis formatif bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar pada mata kuliah Ushul Fiqh dengan kategori layak pada aspek isi/materi dan kategori layak pada aspek desain bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AECT, A. (1977). The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology.

Anggristia, S., Yohanie, D. D., & Handayani, A. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1538

Arsanti, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENULISAN KREATIF BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI MAHASISWA PRODI PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69–88. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Bistari, B. (2018). KONSEP DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Furqon, F. (2009). Kriteria Bahan Ajar. http://www.teknologipendidikan.co.cc

Ina, M., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Nashrullah. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 311-326(Nomor 2), 311–326.

Irawana, T. J., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Tematik Terpadu terhadap Peningkatan Partisipasi Peserta Didik Melestarikan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2083–2088. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.259

Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 89–96. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24294

Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87–99. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

M. Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Malati Sadjati, I. (2012). Hakikat Bahan Ajar. In Modul Pengembangan Bahan Ajar. http://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf

Nurdyansyah, & Fariyatul Fahyuni, E. (2016). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013. Nizamial Learning Center.

Nurfadilah, N., Sudaryanti, D., & Anwar, S. A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE, MOTIVASI BELAJAR DAN BAHAN AJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM MALANG. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(04), Article 04. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/10558

Rachmah, L. L., Sunaryanto, S., & Yuniastuti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12701

Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sagita, D. (2018). PERAN BAHAN AJAR LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1(0), 37–44.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). DEVELOPING THE LEARNING MATERIALS OF BIOTECHNOLOGY SUBJECT BASED ON STUDENTS’ NEED AND CHARACTER OF NUSANTARA PGRI UNIVERSITY OF KEDIRI. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368

Published
2023-06-30
How to Cite
Fitriyah, Fitriyah, Laila Nursafitri, and Elly Purwanti. 2023. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH USHUL FIQIH DI STAI DARUSSALAM LAMPUNG”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 12 (1), 86-97. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.481.