ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MAHASANTRI STAI DARUSSALAM LAMPUNG

  • Siti Kholijah STAI Darussalam Lampung
Keywords: kesiapan, e-learning, mahasiswa santri

Abstract

STAI Darussalam Lampung memfasilitasi E-Learning sebagai salah satu media pembelajaran bagi Mahasantri (mahasiswa Santri) melalui Learning Management System (LMS). Dengan beberapa keunikan yang dimiliki oleh mahasiswa santri maka diharapkan penelitian ini mampu memberikan informasi terkait kesiapan mahasiswa santri dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis e-learning berdasarkan tiga indikator yaitu aspek kesiapan media hardware dan software, aspek kemampuan teknis, dan aspek interaktivitas mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui survei, kemudian disajikan dalam bentuk grafik dan dideskripsikan.  Dari hasil pengisian survey menunjukkan bahwa 74,29% respon positif tehadap aspek kesiapan fasilitas hardware dan software, 77,5% pada aspek keterampilan teknis dan 80% pada aspek Interaktivitas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa santri STAI Darussalam Lampung telah siap menggunakan media e-learning dalam proses pembelajaran. Kesiapan tersebut harus didukung oleh ketersediaan konten pembelajaran yang dipersiapkan oleh perguruan tinggi ataupun dosen yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga hal ini menjadi tantangan untuk perguruan tinggi dan dosen dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis e-learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfinnas, Shulhan. “MEMBANGUN ACADEMIC SELF-CONCEPT MAHASANTRI PESANTREN NAWESEA.” Education and Human Development Journal 3, no. 2 (October 15, 2018). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.59.
Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10, no. 3 (September 28, 2020): 282–89. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Budiman, Ridho Dedy Arief, Umi Liwayanti, and Muhamad Arpan. “Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran berbasis Android Materi Ilmu Akidah.” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika 6, no. 1 (June 19, 2022): 31–38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Fujiawati, Fuja Siti, and Reza Mauldy Raharja. “ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN SENI MENGAPLIKASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE (E-LEARNING & MOBILE LEARNING,” n.d.
Hanum, Numiek Sulistyo. “KEEFEKTIFAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (STUDI EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMK TELKOM SANDHY PUTRA PURWOKERTO).” Jurnal Pendidikan Vokasi 3 (2013).
Muhakamurrohman, Ahmad. “PESANTREN: SANTRI, KIAI, DAN TRADISI.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam dan Budaya 12, no. 2 (January 1, 1970): 109–18. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440.
Ngampornchai, Anchalee, and Jonathan Adams. “Students’ Acceptance and Readiness for E-Learning in Northeastern Thailand.” International Journal of Educational Technology in Higher Education 13, no. 1 (December 2016): 34. https://doi.org/10.1186/s41239-016-0034-x.
Noviansyah, Wahyu, and Catur Mujiono. “Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi” 4, no. 1 (2021).
Ramadan, Rezeki, I Made Ardwi Pradnyana, and P Wayan Arta Suyasa. “PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) DI SMA N 2 SINGARAJA MENGGUNAKAN MODEL CHAPNICK.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 16, no. 2 (July 31, 2019): 258. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.18683.
Sa’adah, Ummi. “HUKUMAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN” 04, no. 01 (2017).
Saifuddin, Much. Fuad. “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA 29, no. 2 (January 15, 2018): 102–9. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637.
Seta, Henki Bayu, Theresia Wati, and Nurhafifah Matondang. “ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) STUDI KASUS : UPN ‘VETERAN’ JAKARTA,” 2016.
Sufriadi, Dedi, Yenni Agustina, Zakaria Zakaria, and A. Hamid. “Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4b (November 26, 2022). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.995.
Supriyati, Endang. “Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 2, no. 1 (June 28, 2013): 72. https://doi.org/10.24176/simet.v2i1.104.
Wagei, Omega Tesalonika, Hermon Maurits Karwur, and Muhamad Isa Ramadhan. “ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 KUMELEMBUAI.” GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Geografi 2, no. 2 (December 30, 2021): 116–23. https://doi.org/10.53682/gjppg.v2i2.1391.
Wira Satria, I Gusti Ngurah Wahyu, and I Nyoman Wijana Asmara Putra. “Pengaruh Kemampuan Teknik Personal, Keterlibatan Pemakai, Pendidikan dan Pelatihan pada Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi.” E-Jurnal Akuntansi, January 14, 2019, 763. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p28.
Published
2023-12-27
How to Cite
Siti Kholijah. 2023. “ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MAHASANTRI STAI DARUSSALAM LAMPUNG”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 12 (2), 219-30. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/595.

Most read articles by the same author(s)